Tahapan Pendaftaran Merek

Untuk mendapatkan status merek terdaftar, pemohon harus bersabar menjalani beberapa tahapan. Status merek terdaftar tidak bisa langsung didapatkan  secara cepat. Berdasarkan Undang-Undang Merek No. 20 Tahun 2016 tahapan prosedur pendaftaran merek terdiri atas pemeriksaan formalitas, pengumuman, pemeriksaan substantif, dan sertifikasi.

Waktu yang dibutuhkan  mulai dari terbitnya Nomor Permohonan hingga Status Merek Terdaftar biasanya berkisar kurang lebih satu tahun. Dengan catatan, proses yang dilalui lancar. Lancar artinya tidak ada keberatan dari pihak lain, tidak ada usulan penolakan dari Pemerintah.

Secara garis besar, tahapan merek akan dibuktikan dengan dua dokumen, yaitu:

Pertama, Bukti Daftar Merek yang memuat Nomor dan Tanggal Permohonan (Application Date) atau biasa di kalangan masyarakat disebut sebagai Sertifikat Sementara; Kedua, Sertifikat

Skema Tahapan Pendaftaran Merek

Tahapan Pendaftaran Merek

Contoh

Untuk lebih mempermudah penjelasan, kita akan ambil satu contoh gambaran proses pendaftaran merek. Seorang pemohon ingin mendaftarkan merek air mineral dengan nama Asha. Maka langkah-langkah yang dijalani adalah sebagai berikut:

Pengajuan Permohonan  

Setelah cek dan penelusuran merek, maka pemohon melakukan Pengajuan Permohonan (Lihat Skema Tahapan Pendaftaran Nomor 2). Dalam tahap ini nomor e-filing sudah terbit dan tinggal menunggu pembayaran.

Mendapatkan Nomor Permohonan

Tahapan ini adalah tahapan paling penting dalam proses pendaftaran merek karena asas first to file dimulai dari terbitnya Nomor Permohonan.

Status Terverifikasi di Website Pemerintah dan Global Brand Database

Status merek akan bisa dilihat secara online melalui website Pemerintah (www.dgip.go.id) dan juga Global Brand Database milik World Intellectual Property Organization.

Setelah status sudah terverifikasi secara online, pemohon  tinggal menunggu tahapan selanjutnya. Setidak-tidaknya separuh jalan menuju merek terdaftar sudah dilewati. Pemohon masih harus bersabar menjalani tahapan penting berikutnya, terutama  Tahapan Pemeriksaan Substantif (Lihat Skema Tahapan Pendaftaran Merek Nomor 7).

Apabila Tahap Pemeriksaan Subtantif lolos dan merek mendapat status terdaftar (Registered), maka secara de facto merek sudah digranted oleh Pemerintah. Pemohon sudah bisa bernafas lega. Hanya tinggal menunggu cetak sertifikat! Sebaia catatan, untuk sertifikasi memang masih memerlukan pengajuan permohonan lagi. Dan biasanya juga tidak bisa cepat.

Akhirnya, menggapai status merek terdaftar memang memerlukan energi dan kesabaran. Tetapi, jangan khawatir! Kesabaran itu akan berbuah manis. Dengan memiliki merek terdaftar berarti memiliki kekayaan baru yang berupa intangable asset (aset tidak ternilai).  Semua bisnis besar di dunia sangat menghargai aset ini. Jadi tunggu apa lagi? Langkah besar dimulai dari langkah kecil Ayo daftarkan segera merek atau brand Anda!

Daftar Sekarang1
Scroll Up