Merek adalah salah satu bagian kekayaan intelektual yang  paling penting. Biasa disebut juga sebagai trademark atau brand. Secara terminologi hukum, merek dan brand adalah sama. Tak heran, World Intellectual Property Organization, organisasi kekayaan intelektual dunia di bawah PBB pun mengumpulkan data merek seluruh dunia yang dikompilasi dalam Global Brand Database. Hanya dalam diskusi marketing, kadang-kadang coba dibedakan antara merek dan brand. Brand dianggap lebih luas dari pada merek. Brand meliputi merek dan turunan-turunannya seperti logo, tagline, atribut fisik maupun non fisik.

Sebelum mengenal lebih dalam mengenai merek, ada baiknya perlu memahami dulu apa yang disebut sebagai kekayaan intelektual (intellectual property).

Kekayaan Intelektual adalah kreasi yang dihasilkan dari pikiran manusia yang meliputi: invensi, karya sastra dan seni, simbol, nama, citra dan desain yang digunakan di dalam perdagangan (WIPO website: 2009: 1). Skema di bawah ini akan menjelaskan pembagian kekayaan intelektual ke dalam banyak bagian.

Nah, sekarang bisa dilihat bahwa merek hanyalah salah satu bagian dari kekayaan intelektual yang demikian luas.

Lalu apa yang didefinisikan sebagai merek itu? Merujuk kepada undang-undang, merek adalah tanda yang dapat ditampilkan secara grafis berupa gambar, logo, nama, kata, huruf, angka, susunan warna, dalam bentuk dua dimensi dan/atau tiga dimensi, suara, hologram, atau kombinasi dari dua atau lebih unsur tersebut untuk membedakan barang dan/atau jasa yang diproduksi oleh orang atau badan hukum dalam kegiatan perdagangan barang dan/atau jasa (Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis).

Anda juga ingin  punya merek-merek yang terkenal seperti di atas ini bukan? Segera saja siapkan nama bisnis untuk merek!  Dan segera pula kontak kami untuk didaftarkan.

Daftar Sekarang1
Scroll Up